Laboratorium Bank Mini

PROFIL

LABORATORIUM BANK MINI

PROGRAM STUDI PERBANKAN SYARIAH

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM

 

 A. Latar Belakang

‏‏‎Penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi IAIN Langsa senantiasa dilaksanakan berdasarkan kepada pelayanan yang berprinsip pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Pelayanan tersebut menjadi pedoman bagi seluruh warga kampus IAIN Langsa dimana di dalam implementasinya dilakukan dengan asas perbaikan kualitas secara berkelanjutan. Dalam penerapannya diperlukan panduan pengelolaan, pelayanan, pengoptimalisasi dan pemanfaatan Laboratorium Bank Mini agar terwujud budaya mutu yang secara integral dan berlaku secara menyeluruh di lingkungan kampus IAIN Langsa.

‎Agar dapat menunjang kegiatan pembelajaran di kampus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Langsa terutama pada program studi Perbankan Syariah, maka laboratorium harus dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam hal memberi fasilitas kepada mahasiswa untuk melakukan praktek aplikasi yang sesuai dengan mata kuliah yang diampu, yaitu mata kuliah Praktikum Perbankan Syariah.

Praktikum Perbankan Syariah merupakan suatu kegiatan pembelajaran melalui praktik terhadap operasionalisasi sebuah lembaga bank yang dilaksanakan oleh Laboratorium Bank Mini bagi mahasiswa jurusan Perbankan Syariah untuk mengimplementasikan pengetahuan yang selama ini di dapatkan secara teoritis dalam perkuliahan di kelas dan membekali mahasiswa dengan kemampuan praktis agar memiliki kemampuan ketika turun di dunia professional.

‎Dalam praktikum ini, peserta praktikum diharapkan mengerti dan memahami berbagai posisi dan signifikansi masing-masing bagian dalam suatu bank. Dalam operasionalisasi suatu bank secara umum terbagi menjadi dua bagian yaitu front office yang diperankan oleh customer service dan teller dan back officer yang dijalankan oleh staf bagian deposito, umum, pembiayaan dan manager operasional.

‎Dengan dukungan laboratorium ini diharapkan dosen akan mampu menyelenggarakan pembelajaran dengan berbagai metode, penilaian dan melakukan tes kompetensi pengetahuan yang dilaksanakan di Laboratorium Bank Mini terebut.

 B. Sekilas Bank Mini

‎Laboratorium Bank mini terletak dilingkungan kampus IAIN Langsa tepatnya  di dalam gedung laboratorium IAIN Langsa yang didirikan pada tahun 2018. Perkembangan Laboratorium Bank Mini sampai saat ini belum berjalan dengan maksimal dikarenakan fasilitas praktikum belum lengkap. FEBI IAIN Langsa sudah melakukan kerjasama dengan beberapa institusi lembaga keuangan syariah yang ada di luar lingkungan kampus untuk kemajuan Laboratorium Bank Mini namun sampai saat ini kerjasama tersebut belum ada hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.

Saat ini di dalam Laboratorium sudah terdapat beberapa fasilitas yaitu berupa computer, printer, money detector, mesin penghitung uang  dan peralatan lainnya untuk menunjang kegiatan praktikum, selain itu dilengkapi juga dengan kursi tunggu nasabah dan ruangan ber-AC, ruangan ditata sedemikian rupa, dalam penyelenggaraan laboratorium selalu berusaha menjaga kebersihan dan keindahan ruangan sehingga menyerupai bank yang sesungguhnya, hal ini untuk menunjang pelayanan kepada pengguna Laboratorium Bank Mini. Sehingga mahasiswa sudah dapat melakukan praktik di Laboratorium hanya saja masih  dalam bentuk manual prosedur, belum bisa melakukan praktik layaknya bank sesungguhnya karena laboratorium belum memiliki fasilitas yang lengkap berupa software dan corebanking.

Kedepan direncanakan Laboratorium Bank Mini tersebut fasilitasnya sudah lengkap sehingga bisa dimanfaatkan untuk  transaksi keuangan dan penghimpunan dana secara riil layaknya seperti di bank sesungguhnya, pelayanan  Bank Mini akan  ditangani oleh mahasiswa yang mendapatkan tugas magang sebagai petugas, baik sebagai Teller atau Customer Service (frontliner) yang diawasi oleh dosen atau karyawan bank yang menjadi mitra  dan  Bank Mini yang berfungsi sebagai pembelajaran dan pegumpulan dana dari seluruh civitas akademika.

C. Struktur Organisasi

Struktur Organisasi FEBID. Visi dan Misi

  1. Visi

Terwujudnya Laboratorium Bank Mini Syariah yang Professional, Unggul, Mandiri dan Terpercaya

  1. Misi

a. Mewujudkan pelayanan prima dan pengelolaan kelembagaan Laboratorium Bank Mini yang berencana, terorganisir, efektif dan efisien.

b. Meningkatkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa/i sehingga menghasilkan lulusan dalam bidang perbankan syariah yang profesional, berkarakter rahmatan lil ‘alamin.

c. Menjalin kerjasama secara produktif dan profesional dengan lembaga perbankan Syariah maupun pihak lain yang saling menguntungkan baik regional maupun nasional dalam rangka pengembangan sarana dan prasarana Laboratorium Bank Mini.

d. Menciptakan praktek perbankan syariah yang berkualitas yang didukung oleh sarana dan prasarana yang terupdate serta menciptakan produk-produk perbankan syariah yang sesuai kebutuhan nasabah.

 E. Pengelola Laboratorium Bank Mini

Pengelola Bank Mini terdiri dari :

Kepala Laboratorium : Mastura, M.E.I.

Penanggungjawab Laboratorium Bank Mini : Alfian, M.E.

F. Fasilitas-fasilitas

Bank Mini mempunyai peralatan laboratorium perbankan syariah berupa PC All In One, printer, Cash Box, Mesin Penghitung Uang, Counterfeit Money Detector/Alat pendeteksi uang palsu, White Board, Televisi, Rak Besi, Filling Cabinet Besi, dan peralatan lain untuk menunjang kegiatan praktikum. Selain itu dilengkapi dengan Kursi tunggu nasabah dan ruangan yang  ber-AC serta ditata sedemikian rupa sehingga menyerupai Bank yang sesungguhnya. Dalam penyelenggaraan laboratorium selalu berusaha menjaga kebersihan dan keindahan ruangan, hal ini untuk menunjang pelayanan yang terbaik kepada pengguna laboratorium Bank Mini.

One moment, please...

Please wait while your request is being verified...