Perbankan Syariah

LOGO HP

Program Studi Perbankan Syariah (PBS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam merupakan salah satu program studi yang telah ada di IAIN Langsa. Keberlanjutan prodi Perbankan Syariah (PBS) guna memenuhi tuntutan kebutuhan tenaga pengajar Perbankan Syariah baik di daerah maupun nasional yang masih dianggap kurang. Prodi Perbankan Syariah (PBS) adalah satu-satunya program studi pada perguruan tinggi yang ada di 3 (tiga) kabupaten/kota yang menjadi lingkup utama sumber input mahasiswa IAIN Langsa. Dengan demikian, dapat dipastikan tidak akan terjadi persaingan yang tidak sehat antar perguruan tinggi di kota Langsa mengenai keberadaan prodi PBS yang telah ada di IAIN Langsa.

Program Studi Perbankan Syariah (PBS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebagai Program Studi yang paling diminati oleh mahasiswa di lingkungan IAIN Langsa hingga saat ini terus berkembang baik dari jumlah dosen, sarana dan prasarana, sehingga dari tahun ke tahun jumlah mahasiswa yang diterima terus ditingkatkan jumlahnya. Meskipun jumlah mahasiswa yang diterima di Program Studi Perbankan Syariah ini selalu berbanding jauh antara jumlah calon mahasiswa yang mendaftar dengan jumlah mahasiswa yang diterima.

Bila dirunut dari 3 tahun terakhir, mulai dari tahun 2013/2014 mahasiswa diterima hanya 154 orang, kemudian pada tahun 2014/2015 terjadi peningkatan yang jumlah mahasiswa yang memenuhi syarat dan diterima yaitu berjumlah 161 orang,selanjutnya Pada Tahun Akademik 2015/2016 Mahasiswa baru yang diterima di Program Studi Perbankan Syariah meningkat sangat signifikan karena fasilitas yang tersedia sudah memadai karena perkuliahan diselenggaranakan di gedung baru dengan jumlah ruang yang bertambah sehingga jumlah mahasiswa yang diterima di Prodi Perbankan Syariah yaitu 189 orang untuk 5 unit.

VISI

“Profesional, Berkarakter, dan Unggul dalam Pengembangan Ilmu Perbankan Syariah”

MISI

“Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian dalam bidang ilmu Perbankan Syariaah secara profesional, berkarakter dan unggul dalam membentuk masyarakat Madani.”